SMS canggih Bisa Trnasfer Rupiah

sponsored



Tiga operator seluler besar di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, bekerja sama membuat layanan Pengiriman Uang Elektronik Lintas Operator atau E-money Interoperability (P2P Transfer).

Layanan ini diluncurkan oleh direktur utama tiga operator, yaitu Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga, Direktur Utama XL Hasnul Suhaimi, dan Direktur Utama Indosat Alexander Rusli, serta disaksikan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Bambang Brodjonegoro.

Dengan adanya pengiriman uang elektronik lintas operator, semua pelanggan tiga operator seluler ini, yang totalnya mencapai 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi pengiriman uang. Contohnya, pelanggan TCASH (Telkomsel) dapat melakukan transaksi transfer ke pelanggan XL Tunai (XL) ataupun ke pelanggan Dompetku (Indosat), begitupun sebaliknya.

Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga berharap, layanan uang elektronik ini bisa menjadi salah satu solusi pembayaran digital masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Kolaborasi ini bertujuan mengembangkan dan memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik, menambah jalur distribusi, meningkatkan trafik SMS secara eksponensial, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketiga operator dalam mengembangkan layanan pengiriman uang elektronik.

Selain itu, kolaborasi ketiga operator ini juga mendukung program less cash society yang digalang Bank Indonesia.

"Ke depan, diharapkan semakin banyak operator seluler dan bank yang mengikuti jejak untuk berinovasi sehingga inovasi tersebut dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara luas, dan tidak saja memberi nilai tambah bagi kemajuan industri sistem pembayaran dan perbankan, tetapi mendukung perekonomian dan stabilitas sistem keuangan di Indonesia," ujar Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution.

0 komentar:

Post a Comment