Saat Ini Android Mulai Jadi Penguasa baru pasar Didunia?

sponsored




Biaya yang kecil dan fleksibilitas membuat platform Android begitu populer di seluruh dunia. Dikutip dari linuxinsider.com, menurut laporan IDC, Android mendominasi pasar smartphone dunia dengan menguasai 75% dari semua smartphone yang dikapalkan pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini. Sedangkan Jim McGregor, ketua analis Tirias Research mengatakan sistem Android akan terus berkembang karena memiliki platform terbuka yang efektif. 

Meskipun Samsung berusaha untuk menahan laju pasar Android namun market share menunjukkan Samsung kesulitan berkompetisi dengan vendor-vendor kecil yang terus bermunculan. Sementara itu Apple dengan iOSnya semakin terpuruk dengan hanya mengkapalkan 26,9 juta smartphone pada kuartal ketiga 2012 yang berarti iOS hanya mendapat market share sebesar 14,9%.

IDC Research melaporkan total smartphone Android yang dikapalkan meningkat 91,5% dibanding tahun lalu yang artinya mengalami pertumbuhan rata-rata 46,6%. Secara keseluruhan, 136 juta dari 181,1 juta smarphone yang dikapalkan keseluruh dunia pada kuartal ketiga adalah Android. Jumlah yang dikapalkan Android pada kuartal ketiga 2012 ini sama dengan jumlah total smartphone yang dikapalkan pada tahun 2007. 

Lebih jauh, Ramon Llamas, manager riset IDC,  mengatakan pada E-Commerse Times, alasan yang membuat Android begitu kuat adalah sokongan ribuan vendor dari yang paling besar hingga yang paling kecil. Dengan tanpa biaya lisensi, para vendor dapat menginvestasikan uangnya seberapapun besarnya untuk pengembangan mulai dari model entry level hingga high-end level. Banyak sekali ponsel yang muncul menggunakan platform Android dibanding platform lain terutama untuk segmen berbiaya rendah. ZTE dan Huawei (vendor asal Cina) yang di Amerika Serikat dianggap dapat mengancam keamanan nasionalnya (national security risk),  adalah satu diantara 5 besar vendor dunia yang telah menguasai pasar dengan perangkat berbiaya rendah.

0 komentar:

Post a Comment