Ketika Lensa Kontak Bisa Langsung Tampilkan Pesan Teks

sponsored




Lewat sebuah teknologi baru yang dikembangkan oleh para peneliti di Belgia, dalam beberapa tahun ke depan lensa kontak yang kini hanya digunakan sebagai alat bantu lihat, bakal memiliki manfaat tambahan. Apa itu?
Yup, seperti dilansir The Register, para peneliti di Pusat Teknologi Microsistem di salah satu universitas di Belgia dilaporkan telah mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan informasi seperti pesan teks dari ponsel diproyeksikan ke lensa kontak.
Pada dasarnya apa yang dikembangkan oleh para peneliti itu adalah sebuah display LCD berbentuk sedikit melengkung yang dapat ditanamkan dalam lensa kontak yang bisa memproyeksikan image menggunakan teknologi nirkabel.
Apa yang dikembangkan oleh para peneliti itu memang masih berupa teknologi dasar, namun untuk merealisasikan gagasan itu ke aplikasi yang nyata dibutuhkan waktu hingga beberapa tahun ke depan.
”Sekarang kami telah menyediakan teknologi dasar, kita bisa mulai menggarapnya ke aplikasi nyata, mungkin akan tersedia hanya dalam berapa tahun ke depan,” demikian dikatakan Proferso Herbert De Smet seperti dilansir The Register.
Tidak seperti display lensa kontak yang ada saat ini, yang terbatas pada piksel kecil untuk membuat sebuah image, teknologi baru memungkinkan permukaan melengkung pada seluruh lensa untuk digunakan.
Salah satu aplikasi yang disarankan oleh para peneliti adalah ’satu piksel, sepenuhnya menyelimuti lensa kontak bertindak sebagai kacamata yang bisa diadaptasi’.
Jelle De Smet, salah satu peneliti dari proyek tersebut menyatakan bahwa hasil pengembangan itu bukanlah sebuah fiksi ilmiah semata. Ia juga yakin bahwa aplikasi komersial untuk lensa akan tersedia dalam waktu lima tahun ke depan.

0 komentar:

Post a Comment