Analis: iPhone 5 is Game Over

sponsored


Efek domino dari turunnya nilai saham Apple berdampak langsung terhadap anjloknya saham para mitra suppliernya di Asia.

Salah satu penyebab yang disinyalir berada di belakang turunnya nilai saham Apple adalah penurunan jumlah pesanan iPhone 5, karena sang vendor khawatir dengan permintaan untuk smartphone itu.

Dengan permintaan iPhone 5 yang tampaknya akan lebih rendah dari yang diharapkan, seorang analis di Fubon Financial Holding Co., Jeff Pu, menilai bahwa iPhone 5 sudah ‘game over’.

“Pesan terpenting adalah iPhone 5 sudah game over, karena permintaan tampaknya lebih lemah dari yang diharapkan, yakni permintaan di AS memuncak, sementara di Cina ‘so so’ saja,” demikian dikatakan Jeff Pu seperti dilansir Bloomberg.

Seorang analis dari Citigroup, Glen Yeung telah menurunkan saham Apple dari beli ke netral, yang dinilainya akan berimbas pada menurunnya target harga menjadi 575 USD dari 675 USD.

Saham mitra pemasok Apple, Hon Hai Precision telah mengalami penurunan 5,5%. Sementara saham Apple yang pada hari Jumat mengalami penurunan 3,79% dikabarkan melemah di sesi pembukaan pada Senin pagi di bursa NASDAQ.

Apple memang harus bersaing dengan sang rival utamanya para produsen smartphone Android, yakni Samsung, HTC, dan Motorola untuk mendominasi pasar smartphone global yang tahun lalu telah mencapai 219,1 miliar USD.

Walaupun Apple masih merupakan perangkat yang sangat populer, namun menurut analis dari China Market Research Group, Shaun Rein, iPhone telah kehilangan kilaunya.

“Apple masih menjadi produk paling popular tetapi itu tidak memecahkan rekor besar seperti yang dilakukannya dua tahun lalu. Apple telah kehilangan kilaunya. iPhone bukan lagi simbol status prestis seperti dulu, dan bukan lagi pemimpin pasar untuk smartphone high-end,” demikian dikatakan Shaun Rein.

Senada dengan Rein, seorang analis dari Gartner, Sandy Shen, juga melemparkan penilaian yang serupa.

Apple menurut Sandy Shen, tidak lagi memimpin inovasi dan kompetisi yang menutup dengan cepat dan terkadang mereka berada di depan Apple dalam hal spesifikasi hardware. Shen pun melihat kecenderungan bahwa para pengguna sejumlah model iPhone, telah mulai beralih ke perangkat Android, yang menunjukkan bahwa Apple telah kehilangan beberapa pengguna setianya

0 komentar:

Post a Comment