Penjualan Ponsel Android Kian "Meroket"

sponsored




Android kian mendominasi persaingan di pasar smartphone. Di mana berdasakan data terbaru yang dirilis IDC, sistem operasi besutan Google itu berhasil mencetak perolehan pangsa pasar smartphone 75% pada kuartal ketiga 2012.
Dari data yang dirilis IDC, smartphone Android berhasil dikapalkan sebanyak 136 juta unit pada kuarta ketiga tahun ini. Jika dibanding dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, Android tercatat telah mengalami peningkatan hingga 91,5%.
“Android telah menjadi salah satu penggerak tumbuhnya pasar smartphone sejak diluncurkan pada tahun 2008. Sejak saat itu, Android secara efektif melampaui pasar dan ‘mencuri’ pangsa pasar dari pesaingnya,” kata Ramon Llamas, analis dari IDC, seperti dilansir PC Mag.
“Selain itu, kombinasi dari vendor smartphone, operator mobile, dan pengguna telah mendorong volume pengiriman yang lebih tinggi. Bahkan saat ini, banyak vendor yang memperkenalkan smartphone Android pertama mereka ke pasar,” lanjutnya.
Membuntuti Android di posisi teratas, sistem operasi iOS menempel di posisi ke dua dengan perolehan pangsa pasar 14,9%. Posisi iOS diprediksi bakal makin kuat di kuartal mendatang seiring dengan penjualan iPhone 5 yang cukup laris di pasaran.
Secara berturut-turut, BlackBerry dan Symbian berada di posisi ketiga dan keempat dengan pangsa pasar 4,3% untuk BlackBerry dan 2,3% untuk Symbian.
Posisi lima ditempati oleh sistem operasi Windows Phone dengan perolehan pangsa pasar 2% di kuartal ketiga. Dengan sejumlah vendor yang siap merilis perangkat Windows Phone mereka ke pasar, IDC pun memprediksi bahwa platform mobile besutan Microsoft itu memiliki potensi untuk meningkatkan pangsa pasarnya di kuartal berikutnya. 

0 komentar:

Post a Comment